Wednesday, November 8, 2017

Rencana Output

Rencana Output
OASEksplorasi

     OASEksplorasi 2017 selesaii!!. Kita tinggal disana selama 4 hari 3 malam dan Outputku akan tetap menjadi video Dokumenter

      Di pulau aku sudah mewawancarai 1 orang yaitu anak pertama dari keluarga inangku bernama mas Ibnu Hasan.

Pertanyaan yang kuberikan kepada mas Ibnu Hasan
  1. Nama dan umur
  2. Profesi
  3. Mengapa lebih memilih profesi sebagai nelayan
  4. Sudah berapa lama menjalani profesi sebagai nelayan
  5. Bersama siapa saja kalau melaut
  6. Hasil tangkapanya diapakan
  7. Berapa kg ikan yang didapat sekali melaut
  8. Berapa lama durasi melautnya


      Siang itu pukul 11 di hari Rabu tanggal 1 November 2017, berlokasi di Pulau Harapan, salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Aku pergi melaut bersama mas Ibnu Hasan dia berumur 26 tahun, beliau berprofesi sebagai nelayan, mas Ibnu lebih memilih pekerjaan sebagai nelayan karena sejak dulu dia hobi melaut, padahal dia bisa memilih untuk mencari penghidupan di Kota Jakarta.


Sudah 8 tahun Mas Ibnu menjalani profesi sebagai nelayan, dia melaut bersama ayahnya terkadang bersama teman-temannya. Lokasi melautnya biasanya hanya di sekitar perairan Kepulauan Seribu. Mengingat kapal kecilnya tidak memungkinkan berlayar jauh.

Hasil tangkapannya sebagian dijual di pasar dan sebagian di bawa pulang untuk makan sehari-hari. Bisa juga hasil tangkapan ikannya dikirim ke pulau lain misalnya ke pulau Pelangi, Pulau Ayer, atau Pulau Matahari.

Rata-rata Mas Ibnu mendapatkan 8 Kg ikan sekali melaut, jenis-jenis ikan yang didapat biasanya ikan Pasir, ikan Bawal, ikan Kakap Mata Kuning. Ikan-ikan ini banyak kita jumpai di pasar tradisional.

Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Mas Ibnu dari pukul 10 Malam sampai dengan terbit matahari setiap harinya, tapi aku tidak berkesempatan melaut bersama Mas Ibnu sampai malam hari, karena esoknya ada kegiatan yang harus aku lakukan.


Output: Video dokumenter kehidupan nelayan di Kep. Seribu.

      
      
      




No comments:

Post a Comment

tantangan 5

Tantangan 5