Wednesday, November 8, 2017

BioBlitz

Bioblitz 2017

Hai teman - teman, tanggal 3 November 2017 kemarin aku dan sebagian dari teman Oase bepergian ke Gunung Halimun Salak, kita mengikuti kegiatan Bioblitz bersama teman-teman dari SMP Nanggung 1. Kita menginap disana selama 3 hari 2 malam.

Hari pertama, aku berangkat dari rumah dengan diantar oleh ibuku sampai di stasiun Bogor.

Titik kumpul keberangkatan dari Stasiun Bogor, kita berangkat ke Gunung Halimun sekitar pukul 8 dengan kendaraan minibus. untuk sampai ke tempat homestay membutuhkan waktu 3 jam 30 menit, saat diperjalanan aku lebih memilih untuk tidur agar aku tidak lelah jika sudah sampai homestay.

Kami sampai di homestay. Aku dan teman-teman istirahat sebentar, lalu kakak-kakak dari Bioblitz melakukan absen dan setelah itu ada acara pembukaan dari ibu RT dan kak Dinda. Setelah acara pembukaan selesai, kita kumpul di dekat sungai Cikakini untuk bermain games selama 1 jam, kegiatan berikutnya adalah berenang di sungai, tapi aku dan Ratri lebih memilih kegiatan photography. Kami melakukan photo macro, kami banyak dapat foto serangga, setelah teman-teman ku yang sudah selesai berenang aku dan Ratri ikut naik keatas bareng.

Sesampainya diatas, yang habis main di sungai langsung mandi sedangkan aku dan Ratri melihat hasil foto yang kita dapatkan, lalu kita diberi free time selama 1 jam.
kita langsung sholat magrib bersama di mushola saat kita kembali ke atas akan ada penjelasan tentang amfibi selama 30 menit setelah penjelasan selesai kita langsung disuruh untuk tidur karena besok akan ada pengamatan malam.

Keesokan harinya jam 5.13 aku dibangunkan oleh temanku. Pagi itu aku langsung bersiap untuk pengamatan pagi, kita langsung ketempat pemanasan, setelah kita pemanasan kita berjalan ketengah hutan untuk pengamatan, kita menyusuri hutan sejauh 2 KM.
Kita sampai di tempat istirahat, timku langsung memeriksa hewan apa saja yang kita dapatkan dan kita presentasikan. Setelah kita presentasi kita kembali kerumah untuk istirahat dan makan snack lalu kita kembali kebawah untuk memasang misnet (alat penangkap kelelawar) setelah mistnet terpasang, kita kembali ke atas untuk makan malam lalu kita pergi kebawah lagi untuk mencari katak untuk di amati. Katak yang kita tangkap dimasukkan kedalam plastik. kita memeriksa mistnet ternyata kita dapat 1 kelelawar akhirnya kita bawa keatas lalu kita istirahat dan tidur.

Keesokan harinya kita mengamati katak, ada 5 jenis katak yang kita amati.

Megohyrys Motana
Philatus Aurifascaiatus
Hylarana Chalonota
Fejervarya Canrivora
Microhyla Achanita

Selesai mengamati katak, kita bersiap-siap pulang, tetapi sebelumnya kita berfoto bersama untuk kenang-kenangan setelah itu kita berangkat ke stasiun bogor.

Sesampainya di stasiun kita membeli tiket lalu kita dan naik kereta, saat di kereta kita ngobrol2 suasana di kereta sedikit ramai, aku turun di stasiun Manggarai dan dijemput oleh ayahku.