Sunday, May 14, 2017

Belajar tentang ular

      
    Mendekati hari pelaksanaan perkemahan Selasa Rabu (Persera) yang diadakan oleh Klub Oase,  hari Selasa kemarin tanggal 9 April 2017 aku dan teman - teman Pramuka Klub Oase pergi ke Bogor untuk mempelajari tentang ular dengan Om Riza Marlon atau biasa di panggil Om Caca.
Om Caca adalah seorang fotografer berpengalaman specialisasi fotografi alam liar. Dan dengan pengalamannya kita ingin sekali mendapat pengetahuan tentang binatang liar khususnya tentang ular yang ada di Indonesia.

Pagi itu saya ditemani bunda dan adik-adik saya Revan dan Kinar, kami bersiap-siap sejak subuh.      
Perjalanan kami dimulai dengan diantar ayah menuju halte busway terdekat di Mall Arion. Bus kami tiba pukul 07.00 dengan tujuan Dukuh Atas kami turun di halte Manggarai. Dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju stasiun Manggarai.


Sesampainya disana alangkah senangnya kami melihat stasiun Manggarai sudah lebih bersih dan teratur sehingga kami dapat dengan mudah dan lancar naik KRL tujuan stasiun Bogor.

Perjalanan KRL kami sangat nyaman dan menyenangkan , sampai-sampai saya dan adik-adikpun tertidur :-D

Foto :

Caption : ZzZzzzzZZZZzzzz…..


Sesampainya di stasiun Bogor Kota kami langsung menuju titik kumpul di taman dekat pintu keluar. Sebagian rombongan sudah tiba 10 menit lebih awal dari kami, sambil menunggu teman-teman lain yang masih dalam perjalanan.

Foto :


Caption : menunggu teman-teman

Dari stasiun Bogor kami naik mikrolet nomor 12 , dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Sesampainya di rumah Om Caca kami beristirahat sebentar selama 15 menit sambil melihat-lihat hasil foto alam liar milik om Caca.

Foto :



Setelah beristirahat sebentar dilanjutkan dengan kegiatan kita yaitu belajar tentang ular.

Beberapa catatan tentang Ular di alam liar yang wajib kita ketahui adalah sebagai berikut :

  1. Ular adalah binatang berdarah dingin sehingga dia akan berjemur di pagi-siang hari untuk memanaskan tubuhnya
  2. Ular merupakan reptilia karnivor yang panjang dan tidak berkaki dalam suborder serpentes
  3. Jenis - jenis ular yaitu Ular kawat,Ular Sanca Kembang,Ular Kobra dll
Dia juga menjelaskan gimana jika kita ketemu Ular ?
 
1.Diam  
           
         Jika ada ular di depan Anda, sebaiknya diam saja. Jangan bergerak bahkan jingkrak-jingkrak. Ular sebenarnya memiliki penglihatan yang agak rabun. Dia akan mengira kaki Anda adalah pohon. Dia akan mengabaikan Anda jika Anda diam tak bergerak. Tapi jika Anda bergerak, dia akan mengira Anda sebagai ancaman.




Pertolongan pertama jika di gigit oleh Ular yang berbisa


  1. Berikan posisi yang aman bagi penolong dan korban dan anjurkan si korban tetap tenang.
  2. Kurangi gerakan pada korban karena untuk menurunkan kerja jantung.
  3. Tenangkan korban dan lakukan pengikatan dengan kain atau yang lainnya di atas luka gigitan untuk menghentikan dan memperlambat laju bisa menuju ke jantung tetapi jangan terlalu kuat.
  4. Bersihkan atau cuci segera bagian tubuh korban yang tergigit dengan air mengalir untuk mencegah terjadinya infeksi Karena infeksi setelah tergigit ular bisa lebih berbahaya dari pada bisa ular. Berikan ada antiseptik pada daerah gigitan dan tutup sementara dengan kain bersih.
  5. Bila semburan bisa terkena mata segeralah mencuci mata dengan air mengalir. Karena beberapa jenis ular kobra yang ada di Asia dan Afrika dapat menyemburkan bisa yang dapat mematikan walaupun korban tidak tergigit oleh ular itu.
  6. Perlu di ketahui ciri-ciri ular yang menggigit korban. Karena bisa berakibat fatal bila salah pemberian serum antibisa ular.  
  • Bekas gigitan ular terdapat dua titik, berarti sangat berbisa
  • Bekas gigitan ular membentuk huruf U dengan jumlah luka bayak berarti tidak berbisa.
  • Jika tidak bisa dikenali jenis ular yang menggigit harus dianggap sebagai ular yang berbisa.
7. Segara bawa ke fasilitas kesehatan seperti dokter, puskemas atau rumah sakit
     terdekat untuk perawatan lanjutan dan pemberian Serum antibisa ular.


            Setelah kita selesai penjelasan bagi yang muslim kita langsung menuju ke mesjid untuk sholat dzuhur di sana,setelah sholat kami kembali ke rumah om Caca.Kita makan siang bersama di rumah om Caca ,setelah kita makan siang kita langsung bersiap-siap untuk pulang ke rumah masing-masing.


Lalu kita langsung di tempat kita naik angkot ,sesampainya di stasiun kami menunggu kereta yang akan kita naiki,akhirnya kereta sampai juga dalam waktu 20 menit ,kereta sudah sampai kita langsung saja masuk ke kereta.


      Singkat waktu kita sampai di stasiun manggarai , kita langsung menuju ke halte busway,kita membutuh kan waktu 5 menit untuk ke halte busway,
Sesampainya di halte kita langsung dapat bus akhirnya kita masuk ke bus,
Dalam waktu setengah jam kita sampai di halte layur , kita turun disitu karena rumah kita dekat dengan halte tersebut .

     Dari halte kita menunggu mikrolet selama 2 menit lalu kita langsugn dapat mikrolet,kita turun dari mikrolet di dekat rumah kita melanjutkan jalan kaki ke rumah sesampainya di rumah aku langsung mandi dan tidur karena kecapean.

No comments:

Post a Comment

tantangan 5

Tantangan 5