Monday, September 25, 2017

Mini Exploration

 Takoyaki dan okonomiyaki

Image result for okonomiyakiImage result for takoyaki

               Minggu pagi ini aku bersama ayahku mengobserve pedagang kaki lima, pedagang kaki lima itu menjual  takoyaki, cara menjualnya mangkal, penjualnya hanya satu orang saja, namanya adalah mbak Silvi, mbak Silvi sudah 3 tahun berjualan takoyaki, dia buka dari pagi sampai sore, bahan - bahan yang di pakai untuk membuat takoyaki dan okonomiyaki mbak Silvi beli di pasar Pulo Gadung.

 bahan - bahannya


100 gram Tepung Terigu

1/2 sendok teh Baking Powder
1 butir Telur Ayam
10 gram Kol Putih (Kubis Bunga Putih)
150 ml Air
1 sendok teh Kaldu Ayam Bubuk
1 sendok teh Garam
5 butir Bakso Ayam
20 gram Ayam Cincang
1 lembar Daun Bawang
3 sendok makan Mayones
1 sendok teh Saus Tiram
1 sendok teh Kecap Asin
3 sendok teh Saus Tomat
2 sendok teh Saus Caba

Cara membuat

Campurkan terigu, baking powder, telur, garam, kaldu bubuk, kol iris, dan tambahkan air sampai tekstur encer
Panaskan cetakan, olesi minyak, tuang adonan, isi dengan bakso dan daging ayam cincang dan balik -balik sampai membentuk bola dan matang. Lakukan sampai adonan habis
Membuat saus takoyaki, campurkan saus tiram, kecap inggris, saus tomat dan saus cabai tambahkan air 3 sendok makan
Penyajian: Tata tako beri mayonaise, dan saus, taburi daun bawang.
Nikmati hangat-hangat.


Susu kedelai
Image result for susu kedelai

              Di Minggu pagi yang sama, aku bersama ayahku mengamati pedagang susu kedelai, yang membeli antri, aku sampai harus sabar mewancarainya, gak enak juga ganggu, takut oomnya marah, tapi ternyata oomnya baik hati :), yang menjual namanya om Rendi, om Rendi ini sudah berjualan susu kedelai selama 6 tahun, biasanya om Rendi mulai berjualan dari jam 6 pagi sampai 2 siang, cara menjualnya dengan gerobak, tiap hari om Rendi menjual lebih dari 200 gelas susu kedelai,

Bahan - bahannya

250 gram kacang kedelai, cuci bersih
1,5 liter air
150 gram gula pasir
3 lembar daun pandan, ikat
3 lembar daun jeruk



Cara membuatnya

Rendam kedelai dengan air hangat semalaman. Setelah mekar, cuci bersih dan buang kulit arinya.
Blender dengan air sampai benar2 halus lalu saring.
Rebus dengan api sedang dicampur dengan gula, daun pandan dan daun jeruk. Aduk-aduk terus sampai mendidih, jaga jangan sampai meluap.
Setelah dingin saring dengan kain katun yang bersih. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera.


Cakwe
Image result for cakwe

           Setelah itu aku menghampiri pedagang makanan kesukaanku, ayah juga suka banget sama makanan yang satu ini. Cakwe, penjualnya seorang ibu - ibu bernama ibu Walesih, Cakwe yang di jual biasanya habis 7 kg, barang yang di dapatkan beliau membelinya dan mengadonankan sendiri, ibu Walesih mulai berjualan dari jam 6 pagi sampai 11 siang, ibu Walesih sudah 5 tahun menjual cakwe.

Bahan - bahan

Bahan adonan :
Tepung terigu, 250 gram
Baking soda, ½ sdt
Garam, ¾ sdt
Air bersih, 200 ml
Bahan saus :
Bawang putih ukuran besar, haluskan sebanyak 1 siung
Gula pasir sebanyak 1 sdt
Tepung maizena sebanyak ½ sdm
Garam sebanyak ½ sdt
Saus tomat sebanyak 2 sdm
Sambal instant sebanyak ½ sdm
Air mineral sebanyak 175 ml

Cara membuat

Siapkan wadah besar, seperti baskom untuk langkah pertama dalam cara membuat cakwe. Dalam baskom tersebut, masukkan garam, baking soda, dan tepung terigu. Lalu aduk hingga merata sampai tidak terbentuk gumpalan.
Lalu, tambahkan air untuk membuat adonan. Aduk hingga rata sampai tidak ada bahan yang menggumpal. Setelah adonan dirasa sudah kalis, diamkan sekitar 15 menit.
Setelah 15 menit berlalu, aduk kembali adonan secara merata satu arah agar lebih tercampur. Lalu, diamkan lagi selama 15 menit. Ulangi langkah ini, hingga adonan menjadi kesat dan elastis untuk dibentuk.
Setelah adonan sudah pulen dan kesat, berikan minyak pada permukaan adonan cakwe lalu, diamkan lagi selama 50 menit dalam tempat yang kedap udara. Anda bisa menggunakan wrapping plastic atau memasukkannya dalam kotak tertutup.
Setelah proses diatas selesai, keluarkan adonan dan bentuk tipis dengan menggunakan rolling pin atau botol. Berikan tepung pada dasar tempat adonan, lalu tipiskan adonan hingga ketebalan sekitar 1 cm dan potong memanjang sesuai selera.
Rekatkan dua bagian potongan adonan cakwe menggunakan air. Lalu, panaskan minyak goreng dan cakwe yang anda buat siap digoreng hingga emas kecokelatan.
Untuk sausnya, panaskan semua bahan pembuat saos pada panci, lalu tunggu hingga mendidih.
Ketika sudah mendidih, tambahkan maizena untuk membuat adonan kental. Lalu angkat.
Cakwe buatan anda sendiri sudah siap dihidangkan bersama teh hangat. Menyantap makanan ini semakin sedap bila bersama keluarga dalam suasana santai. Sekian cara membuat cakwe lezat dan sehat di rumah.


Cenil,ketan item dan getuk item
Image result for getuk item

          Di pasar kaget jalan Kayu Putih ada seorang pedagang Cenil,ketan item dan getuk item, aku tertarik untuk mewancarainya, penjualnya bernama ibu Ropiah, cara beliau berjualan adalah mangkal. Cenilnya enak, pakai gula dan kelapa parut.
           Biasanya ibu Ropiah mendapatkan penghasilan seharinya Rp300.000.00, lumayan juga yah, ibu Ropiah berjualan Cenil sudah dari tahun 90an, ibu Ropiah berjualan dari jam 6 sampai 12 siang.

Bahan - bahan untuk membuat cenil ,ketan item dan getuk item

Larutkan 60 cc air bersih bersama 400 gram Tepung kanji dalam satu wadah
1 sendok teh Garam halus
215 cc Air bersih
10 lembar daun pandan, kemudian cuci lalu iris tipis
6 senaok makan Gula pasir
setengah daging kelapa, kemudian parut hingga halus
rebus 2 liter air bersih hingga mendidih
Untuk Pewarna makanan siapkan secukupnya dengan warna yang berbeda-beda

Cara membuat

Pertama,Larutkan garam bersama air bersih di dalam panci lalu rebus hingga mendidih dan matang. Selanjutnya ambil setengah tepung kanji dan masukkan ke dalam rebusan tersebut. Aduk hingga tepung tercampur rata dan  kental. Kemudian angkat dan masukkan ke dalam wadah. Aduk dan olah supaya rebusan bahan-bahan tersebut tidak terlalu panas.
Untuk sisa tepung kanji, masukkan ke dalam adonan tersebut dan uleni sampai merata. Jika sudah bagi adonan tersebut sampai menjadi 3 bagian. Campurkan pewarna makanan di setiap masing-masing  bagian adonan.
Berikuntnya, ambil  setiap bagian adonan secukupnya dan bentuk sesuai yang diinginkan atau bentuk hingga menyerupai bola pingpong. Kemudian tindik hingga menyerupai sate pada umumnya.
Untuk sisa adonan, lakukan seperti cara nomor 3.
Setelah itu, masukkan adonan yang sudah di bentuk ke dalam panci yang sudah terisi rebusan daun pandan dan air. masak hingga benar-benar matang. Jika sudah matang, biasanya adonan kue cenil mengembang di atas air.
Jika sudah, angkat kue cenil lalu simpan ke dalam wadah dan taburkan dengan parutan kelapa dan gula pasir.
Selesai, kue cenil yang enak siap untuk di nikmati.



































                                          

No comments:

Post a Comment

tantangan 5

Tantangan 5