Monday, September 25, 2017

Mini Exploration


Paperclip Challenge

Minggu pagi yang teduh hawa sejuk karena mendung, aku bersama ayahku melakukan sebuah permainan yang disebut Paperclip Challenge, apakah Paper Clip Challenge itu?.
Paperclip Challenge, aku didorong untuk memberanikan diri dan berbincang dengan orang yang tidak dikenal. Aku ditugaskan untuk menukarkan sebuah paperclip biasa dengan barang apa saja yang dimiliki oleh orang lain.
Deg – degan? Pasti. Malu? Iya sih.  Karena aku tidak tau mesti ngomong apa,
Tapi ada ayah yang menemani dan membimbingku.
Orang pertama yang aku temui berlokasi di depan Puskesmas Kayu Putih, namanya bapak Agusman. Beliau adalah pedagang minuman ringan. Bapak Agusman tinggal di Jl. Rawabaru RT 11/11 beliau punya 3 anak, anak pertama sudah tamat SMK, anak kedua SMP kelas 1, anak ketiga kelas 4 SD.
Sebelum mengajak pak Agusman bertukar barang, ayahku briefing aku dulu nih, bagaimana cara berkomunikasi untuk membuka pembicaraan dengan orang yang baru aku kenal. Alhamdulillah bapak Agusman orangnya baik J. Beliau cukup kaget dengan tawaran yang aku berikan. Tapi beliau dengan senang hati memberi 2 sachet kopi sebagai pertukaran paper clip yang aku tawarkan. J Terima kasih ya pak, semoga bapak sehat dan dagangan bapak laris selalu.
Orang kedua yang aku temui berlokasi depan kolam renang Tirtamas. Beliau bernama pak Suryo, penjual Soto Ayam Surabaya. Beliau tinggal di Jalan Kayu Mas, eh beliau sama – sama orang Cirebon, Sama kayak ayah. Anak-anaknya pak Suryo ada di kampung halaman. Pak Suryo punya 2 anak, yang Sulung masih duduk di SMP kelas 2, yang kedua masih di PAUD.
Reaksi beliau sepertinya senang, kenapa? Karena pak Suryo ketawa melulu, dan beliau ikhlas diajak barter dengan paper clip, aku dapat 1 bungkus kacang asin. Yeayyy !!!. doa yang sama buat bapak Suryo, Terima kasih ya pak, semoga bapak sehat dan dagangan bapak laris selalu.
Terima kasih pak Agusman dan pak Suryo, telah mempercayaiku untuk menukarkan barangnya dengan paper clip ku. Terima kasih ayah @doddyhimawan atas briefingnya.
Aku belajar berkomunikasi dengan orang yang baru aku kenal, membangun rasa saling percaya berawal dari komunikasi, saling menghargai dan saling menghormati.
photo bareng dengan pak Agusman.JPGBarter Paper Clip dengan Kopi.JPGDapet Kacang.JPGHasil Barter.JPG

No comments:

Post a Comment

LDK Oase 2019

LDK Pramuka Oase 2019 Tanggal 15 Maret kemarin aku dan teman-teman oase ada acara LDK (latihan dasar kepemimpinan). Dari pagi jam 05....