Tuesday, November 28, 2017

eksplorasi 2017 day 1

Off we go...Oase Eksplorasi 2017 (day 1)

Senin tanggal 30 Oktober 2017 adalah hari yang sudah kita tunggu-tunggu. Hari ini aku dan teman-teman Klub Oase akan memulai perjalanan “Oase Eksplorasi 2017” ke pulau Harapan. Pagi itu aku berangkat ditemani bunda menuju pelabuhan Sunda Kelapa. Setelah diantar sampai halte busway terdekat, kami berangkat naik bus Transjakarta koridor 2, jurusan Pulogadung-Harmoni. Karena tas yang kubawa lumayan berat kita putuskan melanjutkan perjalanan menggunakan bajaj jadi kami turun di halte Glodok. Ternyata pagi itu tidak ada satupun bajaj yang lewat, jadi kami naik mikrolet M12 menuju kota tua, dan selanjutnya naik M15 sampai depan gerbang pelabuhan Sunda Kelapa.  Untuk sampai ke depan kapal Sabuk Nusantara KM 66, sebenarnya bisa dengan berjalan kaki, tetapi atas saran petugas pintu masuk kami disarankan naik ojek. Uniknya ternyata ojeknya bukan ojek motor melainkan ojek sepeda. :D Wiiiiiii seruu..

Sesampainya di tempat sandar kapal Sabuk Nusantara 66, kami langsung masuk ke kapal. Ini adalah pertama kalinya aku naik kapal laut. Perasaanku saat itu senang sekali dapat pengalaman pertama naik kapal. Kesan pertamaku naik kapal ini nyaman dan sejuk di dalamnya, aku juga bisa dapat beberapa objek foto dari atas kapal ini.
Ini kapal Sabuk Nusantara 66

Sebelum kapal berangkat aku dan teman-teman semua diberi pengarahan oleh kakak-kakak mentor dan kamipun berdoa bersama. Tepat jam 08.00 kapal bersiap-siap berangkat. Dan sebelum kapal berangkat kami semua berkumpul di haluan kapal untuk berfoto.
Kapalpun berangkat, waktu yang kita butuhkan untuk sampai ke pulau Harapan kurang lebih 4 sampai 5 jam. Lumayan lama juga ya...ternyata kapal ini singgah dulu di beberapa pulau lainnya sebelum sampai ke pulau Harapan. Selama perjalanan aku dan teman-teman bermain bersama , kita juga mengambil foto-foto pemandangan laut dan langit.

Oyaa seperti yang ditugaskan oleh kakak mentor, saat di kapal aku mewawancarai salah satu penumpang namanya bapak Roy Sianturi umurnya 34 tahun, dan beliau adalah seorang musisi gitar. Beliau belum berkeluarga , sudah belajar main gitar sejak umur 8 tahun, dan karena hobbynya itu sampai sekarang dia masih terus main gitar untuk kegiatan pelayanan Gerejanya. Beliau naik kapal ini menuju pulau Pramuka untuk bertemu teman-temannya.
Setelah itu beliau sudah harus siap-siap karena kapal sudah mau sampai di pulau Pramuka. Kurang lebih setelah menunggu sekitar 15 menit, kapal berangkat lagi menuju pulau selanjutnya. Saat itu aku lelah dan langsung istirahat untuk persiapan kegiatan di pulau Harapan.

Saat sampai di pulau Harapan kita berkumpul di Balai Konservasi Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Di sana kita semua makan siang dan diberi pengarahan. Setelah selesai kita semua langsung menuju ke rumah keluarga inang masing-masing. Aku , Yudhis dan Aza akan tinggal di rumah keluarga inang yaitu keluarga pak Bahari dan ibu Umamah. Anak-anak mereka mas Ibnu, mas Lukman, dan mba Saleha.
Setelah beristirahat sebentar kami bertiga langsung jalan lagi mengelilingi pulau. Kurang lebih setengah jam karena capek aku dan teman-teman membeli makanan dan minuman aku membeli crepes dan aqua….oopsss kali ini aku menghasilkan 1 sampah botol plastik :(
Aku sempat  mengambil beberapa foto keindahan pulau Harapan tapi karena hari sudah gelap kita pun pulang ke rumah dan sesampainnya di rumah sudah langsung disediakan makan oleh bu Umamah. Saat kami selesai makan malam mentor kami datang ke rumah inang kita untuk memantau dan memastikan tugas kita selesai untuk hari ini kita juga di beri kesempataan untuk mentelephon orang tua kita. Sudah malam nih sudah waktunya tidur :) tapi sebelum tidur memberi tau besok pagi kita harus kumpul di dermaga pulau Harapan untuk membersihkan sampah yang ada di pulau Kayu Angin Bira dan snorkling.