Wednesday, June 14, 2017

Kemping persera

Hi, pada tanggal 23 Mei 2017 aku & klub pramuka Oase mengikuti kegiatan Persera, tempatnya di perkemahan Suaka Elang Loji . Aku berangkat dari rumah di temani bunda naik mobil pribadi untuk sampai ke stasiun kereta Manggarai ,sesampainya di stasiun kita langsung masuk untuk menunggu kereta selama 5 menit .Akhirnya kereta datang dan kita langsung masuk ke kereta, dan perjalanan yang dibutuhkan adalah 1 jam untuk sampai ke stasiun Bogor. Sesampainya di stasiun Bogor kita langsung di briefing oleh kak … untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan disana. Setelah foto bersama kita langsung titik kumpul di sebrang stasiun Bogor.
         Dari stasiun kita sudah di tunggu angkutan umum yang di sediakan oleh kakak fasilitator,kita langsung menaruh barang-barang kita di angkutan umum setelah itu kita langsung masuk ke angkutan yg satu lagi tetapi ada beberapa orang yang naik bersama barang-barang aku yg termasuk bersama barang-barang . akhirnya kita jalan,dari stasiun ke lokasi kita membutuh kan waktu 2 jam.

Sesampainya di lokasi kita langsung beristirahat sebentar karena saat di angkutan kita sempit-sempitan jadi badan kita semua pegal kita beristirahat hanya 3 menit lalu kita lanjut jalan kaki ke tempat perkemahan,sesampainya di tempat perkemahan kita langsung membuat tenda,selesai kita membuat tenda kita langsung makan siang di dalam tenda .kita di beri waktu makan siang 30 menit setelah makan kita langsung sholat dzuhur di musolah.

Setelah itu kita langsung melanjutkan kegiatan kita yang selanjutnya Yaitu mempelajari tentang navigasi selama 1 setengah jam lalu itu kita melanjutkan pelajaran navigasi dengan praktik.
         Untuk praktik kita harus turun kebawah di tempat kita tadi mulai perjalanan ke atas,saat kita sudah sampai kita langsung naik kebukit untuk praktiknya , kita naik bukit karena bisa mempermudah praktiknya , sesampainya di atas bukit kita istirahat sejenak karena lelah berjalan dari atas kebawah dan ke atas lagi . setelah kita istirahat kita langsung melanjutkan praktiknya yang di lakukan bang Kocil saat di praktik dia membagikan kita peta kecil . disana kita disuruh menggunakan kompas bidik untuk membidik puncak gunung ,singkat waktu kita sudah selesai praktik dan mau kembali ketempat kita kemah sebelum kita kesana kita harus membuat barisan kelompok supaya tidak ada yang ketinggalan. Setelah kita selesai membuat barisan kita langsung mulai perjalanan ke tempat perkemahan saat di perjalan gelap dan gerimis karena kita baru mulai perjalanan di jam 5:30 sesampainya diatas langsung hujan kita semua langsung masuk tenda masing - masing.
       Saat hujan sudah selesai kita melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu api unggun , tetapi api unggun tidak menyala karena kayunya basah karena hujan karena api unggun tidak bisa menyala bang Kocil pamit untuk pulang karena besok dia sudah harus kerja lagi.       Karena api unggun tidak bisa menyala kita semua kembali ke tenda masing-masing untuk istirahat .      Kebesokan harinya kita bangun di jam 4 untuk melakukan sholat subuh aku dan kelompok langsung mengambil air wudhu untuk melakukan sholat subuh di saung, setelah kita sholat kita langsung masak sarapan untuk kelompok kita.Kita memasak nugget untuk sarapan nuggetnya di jadikan sandwich dengan roti dan membuat energen , setelah kita sarapan kita melanjutkan kegiatan kita yang selanjutnya yaitu pembagian kelompom 1 & 2
  Kelompok satu mempelajari cara paking yang benar   Kelompok dua belajar survival
Kebetulan aku dapat kelompok 2 yang mempeljari tentang survival dan yang kelompok satu belajar cara packing dan nanti saat sudah selesai kelompok kita ditukar,
Kita mempelajari How to survie in the woods disana kita belajar apa yang harus dihindarkan dan harus di manfaatkan.
Seperti makanan , makanan yang ada di hutan belum tentu tidak beracun pasti ada yang beracun saat pembelajaran kita naik ke atas untuk melihat makanan apa saja yang boleh dimakan dan tidak boleh di makan,saat di atas banyak tumbuhan dan buah - buahan yang boleh dimakan juga tumbuhan yang bisa menyembuhkan luka dan obat masuk angin.
Waktu di kelompok 2 selesai sekarang aku jadi kelompok 1
Di kelompok 1 aku akan belajar cara packing yang benar
Saat pertama kali masuk ke kelompok satu kita langsung hompimpa karena kita diperintahkan untuk mencoba untuk packing sendiri sesudah itu kita langsung di bertau cara packing yang benar yaitu    Yang tidak terlalu dibutuhkan ada di bawah,yang ditengah seperti baju alat makan,alat masak , yang diatas yang berat atau yang sering di butuhkan
Waktu pembelajaran telah selesai saatnya kita istirahat dan senang-senang .Setelah pembelajaran selesai kita istirahat selama 30 menit lalu kita lanjut main di air terjun,sebelum kita main di air terjun kita ganti baju karena sebelumnya kita memakai baju pramuka,akhirnya kita naik keatas untuk main di air terjun .
       Sesampainya di air terjun aku langsung main disana airnya dingin tapi sejuk ada kolam kedalaman 6 meter aku masuk kesana dalam sekaliTapi seru 30 menit kemudian awan mulai mendung akhirnya kita kembali ketemp kemah
         Sesampainya di tempat kemah kita langsung mengganti baju untuk makan siang bersama saat makan siang kita makan di luar saat makan siang terjadilah gerimis wkwk         Untung saja aku sudah kenyang jadi aku bisa masuk tendaHujan berlangsung selama 1 jam , akhirnya hujan sudah sidikit reda Kelompok aku memutuskan untuk pindah ke saung karena tenda kami basah .
        Saat hujan berhenti kita langsung ke atas membereskan tenda kita setelah kita membereskan tenda kita langsung siap-siap untuk pulang , saat sudah siap kita langsung menuju ke bawah untuk pulang.
       Untuk menuju ke stasiun kereta kita menyewa angkot , singkat waktu kita sudah di perjalanan ke stasiun bogor ,saat di perjalanan angkot lain butuh mengisi bensin jadi kita menuggunya sebentar .        Sesampainya di stasiun kita langsung membeli karcis sesampainya didalam kita membeli snack sedikkit untuk di perjalanan .Kereta sudah datang akhirnya kita masuk ke kereta dan kereta langsung jalan tidak menuggu lagi.
    Sesampainya di stasiun manggarain aku di jemput oleh ayah kuKita langsung menuju pulang kerumah ,sesampainya di rumah aku langsung mandi dan istirahat .
Dah sampai situ saja , bye
Peace out

x

LDK Oase 2019

LDK Pramuka Oase 2019 Tanggal 15 Maret kemarin aku dan teman-teman oase ada acara LDK (latihan dasar kepemimpinan). Dari pagi jam 05....